Beberapa Bahaya Mengkonsumsi Telur Puyuh Berlebihan

Pasti kalian sudah tidak asing lagiĀ  dengan makanan yang satu ini. Ya, telur puyuh memang sangat banyak di konsumsi di indonesia. Dan berbagai menu olahan dari telur puyuh pasti sangat mudah untuk kalian temui seperti semur, sate tusuk, atau dicampur dalam tumisan sayur.
Telur puyuh mempunyai bentuk yang lebih kecil dibanding telur ayam dan mempunyai rasa yang sangat gurih. pastinya telur ini juga mempunyai berbagai manfaat di antaranya menjaga kesehatan mata, meningkatkan stamina dan meningkatkan kesehatan pada gigi. Tetapi, telur ini juga membahayakan untuk kesehatan jika kalian mengkonsumsi secara berlebihan. Apa saja jika berlebihan mengkonsumsi telur puyuh ini?

  • Meningkatkan Resiko Penyakit Kanker
    Telur puyuh ini mempunyai kandungan antioksidan. Tetapi, mengkonsumsi telur ini dalam jumlah yang banyak membuat asupan antioksidan yang sudah masuk ke dalam tubuh menjadi berlebihan. Antioksidan yang sangat berfungsi buat melawan radikal bebas, mala akan terbalik mendukung dan juga mengikat radikal bebas, sampai radikal bebas ini semakin kuat menyerang tubuh kalian. Radikal bebas ini menumpuk didalam tubuh dan bisa merusak semua sel-sel tubuh dan juga dapat menyebabkan timbulnya tumor ataupun kanker.
  • Tidak Cocok Buat Wanita Hamil
    Wanita hamil tak diperkenankan untuk mengkonsumsi telur puyuh ini secara berlebihan. Hal ini dikarenakan kandungan kolesterol yang sangat tinggi dan dapat memicu timbulnya lemak jahat. Dan selain itu telur ini harus dipastikan dimasak hingga matang dan jangan setengah matang dikarenakan akan memicu bakteri salmonella yang sangat berbahaya untuk janin.
    Bakteri salmonella yang dapat menyerang wanita hamil bisa beresiko mengakibatkan kontraksi dini dan dapat menyebabkan resiko keguguran kalau terjadi di trimester pertama. Tetapi, apabila terjadi pada trimester kedua dan juga ketiga dapat menyebabkan kelahiran yang secara lahir belum pada waktunya atau prematur.
  • Masalah Pencernaan
    Sering mengkonsumsi telur ini, sangat tak disarankan. Hal tersebut dikarenakan telur puyuh mempunyai kandungan protein dan lemak yang sangat tinggi. Dan apabila protein dan lemak ini tak bisa di cerna didalam tubuh kalian, maka akan mengakibatkan beberapa masalah pencernaan seperti diare, dan radang lambung (gastritis).

    Sekian dari bahaya mengkonsumsi telur puyuh secara berlebihan atau terlalu banyak. Itulah mengapa sebaiknya kalian mengkonsumsi telur puyuh dalam jumlah yang pas atau tidak berlebihan. Dan selain itu, Perhatikan baik-baik disaat mengolah telur puyuh ini. Dan pastikan kalian mencucinya sampai bersih dan memasaknya sampai benar-benar matang.