Perbedaan Cat Untuk Eksterior Dan Interior Rumah

Cat rumah, Eksterior, Interior

Apakah kalian termasuk orang yang menganggap cat tembok untuk eksterior sama dengan yang digunakan untuk interior ruangan ? Jika iya, maka kalian perlu membaca artikel ini hingga tuntas. Mengapa ? Karena ada perbedaan antara cat tembok eksterior dan interior. Mari kita bahas lebih dalam lagi.

Cat yang digunakan untuk eksterior ruangan bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap hujan dan juga cahaya matahari yang panas. Berbeda dengan cat bagian interior yang lebih condong ke arah estetika dan keindahan ruangan.

Untuk cat interior, kalian bisa melihatnya melalui kehalusan lapisan cat dan juga warna yang ditampilkan. Biasanya cat untuk bagian interior ruangan lebih tahan noda, dimana jika terkena noda ( misalnya noda makanan atau minuman ) dapat lebih mudah dibersihkan. Untuk memberikan kesan indah pada ruangan, biasanya cat yang digunakan memiliki tingkatan kilau yang berbeda dengan cat tembok biasa. Cat tembok untuk bagian interior ada dua macam, yakni cat doff dan juga semi kilap.

Cat untuk interior ruangan juga tidak mengandung logam berat yang berbahaya seperti lead ( Pb ), cadmium ( Cd ), chromium ( Cr ) dan juga merkuri ( Hg ).

Sedangkan cat yang digunakan untuk eksterior ruangan biasanya mengesampingkan nilai estetika dan mengedepankan proteksi. Hal ini dikarenakan cat untuk eksterior ruangan harus bisa bertahan dari perubahan cuaca yang ekstrim.

Bila kalian menggunakan cat berkualitas rendah untuk eksterior ruangan, maka dalam waktu singkat cat tembok kalian akan pecah-pecah karena terkena cahaya matahari yang panas.

Jadi intinya adalah cat untuk eksterior tidak cocok digunakan untuk interior ruangan, begitu juga sebaliknya. Jadi sebelum melakukan pengecatan, pastikan terlebih dahulu cat yang digunakan adalah cat yang benar.