Bahan-Bahan Yang Dapat Digunakan Untuk Dinding Rumah

Bahan-Bahan Yang Dapat Digunakan Untuk Dinding Rumah

Dinding merupakan hal yang paling krusial dalam mendirikan rumah atau ruangan. Dinding menjadi fondasi yang akan menahan setiap benda yang ada diatas rumah. Oleh sebab itu kita perlu tahu bahan apa saja yang dapat digunakan untuk membuat dinding rumah. Tentunya bahan yang tersedia di pasaran ada beragam, tetapi yang akan kita bahas hanyalah bahan yang paling sering digunakan di Indonesia.

Bahan pertama yang paling sering digunakan adalah triplek. Alasan penggunaan bahan ini sebenarnya sederhana, karena murah. Biasanya bahan ini digunakan untuk membangun rumah semi permanen. Bahan ini juga menjadi pilihan utama bagi mereka yang tidak memiliki cukup modal untuk membangun rumah. Bahan jenis ini memang memiliki kelebihan di sektor harga karena murah, tetapi seperti kata pepatah, ada harga ada kualitas. Untuk rumah yang dibangun dengan triplek tentunya tidak akan tahan lama dan rawan terbakar. Bahan ini tidak direkomendasikan untuk pembangunan rumah.

Bahan kedua adalah batu bata. Bahan jenis ini menjadi bahan yang paling umum digunakan dalam pembuatan tembok rumah. Bahan jenis ini memiliki kepadatan yang tinggi sehingga menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia dalam membangun bangunan. Kelebihan bahan ini terletak pada kepadatan batu bata itu sendiri. Semakin padat batu bata yang digunakan, maka tembok yang dibangun akan semakin kokoh. Batu bata juga sulit untuk terbakar sehingga rumah yang dibangun dengan batu bata akan lebih sulit terbakar. Selain itu penggunaan bahan ini juga sangat tepat karena jarang terjadi keretakan ketika sudah dibangun.

Bahan ketiga adalah batako. Sebenarnya tidak begitu berbeda dengan batu bata, hanya saja ukuran dan kepadatan yang ada pada batako lebih ringan ketimbang batu bata. Sebenarnya bahan ini juga tergolong kuat, hanya saja tidak sekuat batu bata. Bahan ini juga dapat kalian gunakan jika memiliki dana yang terbatas. Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan bahan ini adalah semen yang digunakan. Tembok yang dibangun dengan batako jika tidak dilapisi dengan semen yang baik maka akan menimbulkan keretakan di kemudian hari.